Rabu, 14 Juni 2017

Bersinergi, KPMD dan Karang Taruna Desa Lahar Rintis Kelompok Usaha Bersama

loading...

Kabardesaonline.com, Tlogowungu - Kelompok Usaha Bersama (KUBE) “Mandala Karya” Desa Lahar Kec. Tlogowungu Kab. Pati mulai dirintis belum lama ini.  KUBE yang dimotori oleh Adi Pramono, Rohim, Aris, dkk tersebut mulai digagas pada awal bulan April lalu dan akhirnya dapat terwujud dengan dibentuknya KUBE dengan nama “Mandala Karya” pada Senin (15/05/2017), sebagai buah hasil sinerginya KPMD (Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa) dan Karang Taruna Mandala Desa Lahar.

Saiful (28), salah satu KPMD Desa Lahar, kepada kabardesaonline.com menyampaikan bahwa unit usaha yang pertama kali dibentuk saat ini adalah budidaya jamur tiram, selanjutnya nanti akan dikembangkan ke sektor usaha lainnya setelah memperhatikan situasi pasar dan potensi yang ada.

“ Budidaya jamur tiram ini sebetulnya hanyalah pengembangan saja. Sebelumnya, Aris salah seorang rekan kita sudah sekitar 2 tahun menggeluti budidaya ini, dan Alhamdulillah mau untuk bersama-sama kita ajak mengembangkan usaha sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan untuk rekan-rekan yang lain, khususnya pemuda desa Lahar sendiri “ terang Saiful.


Lebih lanjut, Saiful menyampaikan bahwa untuk saat ini modal diperoleh murni dari swadaya anggota, terutama dari Ketua Karang Taruna Adi Pramono, yang telah memberi suntikan modal Rp 5.000.000,- (lima juta rupiah) sebagai pinjaman.
Workshop yang dipakai untuk kegiatan produksi sementara meminjam gudang warga yang tidak dipakai dan memanfaatkan peralatan seadaanya demi efisiensi biaya. Kedepannya berencana akan membangun penangkaran di rumah salah seorang anggota KUBE.

“ Kami sudah berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Desa dan insyaAllah akan ada bantuan pernyertaan modal untuk tahun-tahun berikutnya, nanti akan dianggarkan di APBDes dari Dana Desa.  Sebagai Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa memang sudah menjadi kewajiban kami untuk membangun dan memperdayakan SDM masyarakat, sosial, dan juga ekonomi masyarakat. Kami berharap tujuan kami bisa didukung oleh semua pihak " pungkasnya.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

HAK JAWAB DAN KOREKSI BISA DIKIRIMKAN KE EMAIL KAMI ATAU BISA DITULIS DI KOLOM KOMENTAR

Baca Artikel Unik Lainnya

Situs Sejarah

Situs Untuk Pelajar